Cara Memilih Feeding Set Kiddy yang Aman dan Menarik

09/17/2014 18:51

Para orang tua pasti ingin agar anaknya bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas dan mudah beradaptasi dengan lingkungan. Pertumbuhan anak sangat tergantung dari pola makan yang diterapkan mulai dari kecil. Jika kita membiasakan anak untuk makan makanan dari luar rumah, maka kemungkinan besar mereka akan tumbuh menjadi anak yang suka jajan. Makanan di luar rumah sangat berbahaya terutama jika tidak diolah dengan baik. Selain itu kita juga tidak bisa menjamin jika makanan yang dijual itu memiliki kandungan gizi yang sesuai dengan pertumbuhan anak. Para orang tua lebih dihimbau untuk menyiapkan makanan anaknya di rumah.

Mempersiapkan makan untuk bayi mungkin bukanlah sesuatu yang asing bagi para orang tua. Ada banyak referensi resep makanan bayi yang bisa anda coba dan variasikan dengan bahan makanan yang beragam. Tantangan terbesar bagi para orang tua adalah bagaimana mereka mampu membujuk anak mereka untuk mau makan secara mandiri tanpa harus dipaksa. Anda harus lebih jeli dalam memilih feeding set kiddy atau yang sering disebut dengan perlengkapan makan bayi. Perlengkapan ini memiliki ciri seperti:

  • Bentuknya lebih kecil dari perlengkapan makan orang dewasa,
  • Memiliki warna, bentuk, dan motif yang unik,
  • Aman bagi bayi.

Mungkin anda masih kesulitan untuk mengetahui apa perlengkapan makan bayi yang aman karena saat ini masih banyak produk yang tidak jelas asal-usulnya. Pertama, pilihlah gift set kiddy feeding yang tidak memiliki tepi tajam. Anak-anak belum bisa membedakan benda yang berbahaya dan bisa melukai kulit mereka. Jika anda memilihkan produk dengan tepi tajam, maka besar kemungkinan anak anda akan mengalami luka karena gesekan dengan tepi yang tajam. Oleh karena itu, pastikan bahwa produk tersebut tidak berbahay bagi anak anda. Kriteria perlengkapan makan bayi yang baik adalah sebagai berikut:

  • Mudah dipegang,
  • Dibuat dari bahan khusus,
  • Menarik perhatian anak.

Para orang tua memberikan perlengkapan makan kepada anaknya dengan tujuan agar anak bisa berlatih makan sendiri. Untuk membuat anak nyaman saat makan, pilihlah perlengkapan yang mudah dipegang seperti sendok dengan gagang yang tidak terlalu besar namun pas dengan telapak tangan anak. Perlengkapan yang terlalu besar akan membuat anak kesulitan mereka menjadi malas untuk makan sendiri dan merengek minta disuapi oleh orang tua. Sebelum membeli prelengkapan bayi, perhatikanlah apakah produk tersebut cocok untuk dipegang oleh anak-anak.

Perlengkapan bayi harus dibuat dari bahan khusus yang tidak mudah pecah. Pada awal-awal belajar makan, anak-anak mungkin akan membuat makanannya berserakan dan melempar alat makannya. Alat makan yang tidak mudah pecah sangat penting untuk menghindarkan anak dari luka akibat pecahan alat makannya. Meskipun awalnya sedikit merepotkan, namun berusahalah untuk melatih anak untuk lebih bersabar saat makan. Sedikit demi sedikit anak akan belajar untuk menggunakan perlengkapan makan sesuai dengan fungsinya.

Alat makan yang diberikan juga harus bisa menarik perhatiannya dan tidak memiliki warna yang monoton. Semakin menarik alat makan yang anda berikan, semakin mudah bagi anda untuk mengajak anak makan sendiri. Anda bisa memilihkan alat makan yang bergambar kartun kesukaannya dan pastikan lapisan gambar ini tidak mudah terkelupas dan bercampur dengan makanan. Jangan mudah menyerah jika anak anda menolak makan. Bujuklah dengan menu yang mereka sukai dan sajikan dalam perlengkapan makan yang lucu.