Layakkah anda mendapatkan fasilitas kredit tanpa agunan bunga rendah?

10/16/2014 17:00

Layakkah anda mendapatkan fasilitas kredit tanpa agunan bunga rendah?, mungkin itu pertanyaa bagi anda yang ingin apply KTA bunga rendah, untuk itu mari simak artikel berikut.

Berbagai produk fasilitas pinjaman saat ini sedang gencar-gencarnya ditawarkan. Baik oleh pihak perbankan, perusahaan pembiayaan, sampai lembaga-lembaga keuangan kecil yang dimiliki oleh perorangan dan tidak resmi. Produk yang mereka tawarkan sangatlah manis, yaitu bunga rendah, jaminan cukup BPKB kendaraan, bahkan ada yang tanpa agunan. Persyaratan mudah, 2 jam cair dan sebagainya.

Bagi anda yang mempunyai kebutuhan banyak dan mendesak, penawaran ini sangat menggiurkan. Anda akan mendatangi tempat-tempat tersebut untuk mendapatkan dana demi mencukupi kebutuhan. Apabila yang anda datangi adalah lembaga-lembagan non perbankan, tentu berapapun kebutuhan anda akan tercukupi. Artinya permohonan pinjaman anda tidak perlu takut ditolak. Namun, jangan lupa bahwa ada resiko yang harus anda terima. Biasanya bunga yang dikenakan lebih tinggi daripada lembaga perbankan. Untuk menghindari resiko ini, maka pilihan anda tentu haruslah lembaga perbankan. Namun resiko permohonan anda ditolak juga ada. Untuk mengantisipasi hal tersebut, tidak ada salahnya anda menyimak beberapa hal yang berkaitan dengan kredit tanpa agunan bunga rendah dibawah ini:

Persyaratan kartu kredit

Jangan salah. Meskipun semua lembaga perbankan menawarkan KTA ini tanpa jaminan atau agunan, namun secara tidak langsung mereka akan meminta kepada konsumen untuk memiliki kartu kredit di bank mereka. Bahkan kadangkala yang menjadi prioritas debitur yang dilayani adalah nasabah yang telah menjadi nasabah kartu kredit. Maka lebih baik bagi anda ketika ingin mendapatkan fasilitas KTA ini, mendaftar pada bank yang sama dimana anda menjadi nasabah kartu kredit.

Fasilitas cek dan ricek

System perbankan kita adalah system terintegrasi. Tidak hanya berkaitan dengan transaksi namun juga data personal anda. Maka tidak heran jika transaksi yang tidak wajar selalu akan terendus oleh PPATK. Data yang didapatkan oleh PPATK ini salah satunya difasilitasi oleh Bank Indonesia sebagai bank sentral Pemerintah. Bank Indonesia akan memiliki seluruh data nasabah perbankan di Indonesia.

Apabila anda adalah nasabah baru, maka tentu nama anda belum pernah tercatat sebelumnya di riwayat perbankan nasabah pada Bank Indonesia. Namun transaksi anda ke depan tetap akan tercatat. Beda cerita apabila anda adalah nasabah perbankan yang telah lama. Khususnya bagi anda yang telah menjadi debitur pada lembaga perbankan kita apapun jenis fasilitasnya, baik kartu kredit maupun fasiitas pinjaman lain bahkan fasilitas pinjaman KPR.

Pihak bank kreditur pemberi fasilitas KTA ini tidak mau kecolongan, karena dengan tidak adanya agunan, resiko yang akan mereka terima juga tinggi. Nah, riwayat perbankan yang ada di Bank Indonesia itulah yang akan digunakan sebagai pertimbangan untuk memberikan kredit. Jadi sebaiknya agar anda mendapatkan fasilitas KTA ini, jadilah nasabah perbankan yang taat aturan.

Video Cara Agar tidak Jadi Korban Penipuan Berkedok Investasi

Jangka waktu

Biasanya Kredit tanpa agunan ini akan diberikan dalam jangka waktu pendek, antara 1 tahun sampai dengan 5 tahun. Anda tentu paham, bahwa biasanya semakin lama jangka waktu yang diambil beban bunga yang ditetapkan akan semakin rendah, dan sebaliknya semakin sedikit jangka waktu yang anda ambil maka semakin tinggi tingkat bunga.

Pembebanan bunga

Karena besarnya bunga tergantung pada jangka waktu yang anda ambil, maka jangan cepat tergiur dengan tingkat bunga tahunan maupun bulanan yang ditetapkan oleh bank. Hitung sekali lagi dengan cara mengalikan bunga bulanan yang ditetapkan dengan jumlah pinjaman anda, hasilnya kalikan kembali dengan jumlah bulan yang anda pilih untuk mengangsur. Perhatikan baik-baik mana bunga yang paling menguntungkan bagi anda agar anda tidak mengalami gagal bayar.