Tips Memilih Studi in UK Atau Negara Lain untuk Belajar

10/17/2015 05:20

Ada banyak persiapan yang wajib diperhatikan sebelum memutuskan untuk menempuh pendidikan dan membuat visa Inggris atau di negara manapun. Belajar di negara orang tentunya tidak semudah belajar di negara sendiri dengan bahasa ibu yang sama. Kendala bahasa menjadi kendala yang perlu diperhatikan jauh sebelum menempuh pendidikan di negara luar. Selain itu juga perlu kesiapan mental, pikiran, dan juga tentunya persiapan biaya yang jumlahnya tidak sedikit.

Belajar di negara orang bisa di jenjang pendidikan mana saja dan kebanyakan kalangan pelajar Kita memilih jenjang kuliah. Semisal Anda ingin menempuh jenjang pendidikan universitas di negara orang maka penting menentukan negara mana yang akan dituju. Sebagian besar pelaku yang berkehendak belajar di luar negeri masih kebingungan dalam menentukan tujuan negara belajar. Hal ini merupakan hal yang wajar sebab resiko merasa asing dan kalah di tengah jalan pastinya ada jika dihadapkan pada kondisi yang berbeda.


Tips memilih negara yang tepat untuk belajar

Perbedaan yang akan dirasakan tidak hanya dari segi bahasa ibu namun juga dari makanan, gaya hidup, kondisi lingkungan, dan nilai-nilai kebudayaan yang ada. Sebagai orang asing tentunya melakukan adaptasi tidak semudah membalikkan telapak tangan. Itulah mengapa sangat ditekankan memilih negara tujuan belajar dengan tepat agar mempersiapkan segala kebutuhan dengan tepat pula. Memilih negara yang pas untuk mengayomi keinginan belajar sebaiknya tidak sekedar asal dalam memilih. Perlu pertimbangan yang cukup matang, dan berikut pertimbangan tersebut:

Mempertimbangkan bahasa ibu yang digunakan
Belajar bahasa asing tidak harus semua bahasa di semua negara dipelajari agar bisa belajar di negara orang. Sederhanakan cara berpikir Anda dengan mempelajari salah satu bahasa saja yang sekiranya mudah untuk dipelajari. Ada banyak negara yang menjadi destinasi favorit untuk belajar dan memiliki bahasa ibu yang berbeda. Jika tertarik menggunakan bahasa Inggris maka bisa mempertimbangkan belajar di Inggris, Amerika, ataupun di Australia. Atau bahasa Jerman untuk sekolah disana, bisa pula bahasa Perancis.

Memilih proses pembuatan visa yang mudah
Menjadi pelajar di negara orang tentunya perlu mengurus visa agar bisa berdiam untuk kurun waktu lumayan lama guna menyelesaikan pendidikan. Pembuatan visa menjadi kunci untuk masuk ke negara tujuan belajar dan masing-masing negara memiliki kebijakan yang berbeda. Gali kemampuan Anda dalam mengumpulkan informasi sebanyak mungkin dan yang akurat. Guna memilih negara dengan pembuatan visa yang sesuai kebutuhan. Jika tidak terlalu mendesak waktunya maka bisa memilih negara dengan proses pembuatan visa lumayan panjang, atau yang sebaliknya.

Ketahui sistem belajar yang mendukung
Setiap negara memiliki ketetapan sendiri dalam merancang sistem belajar dan mengajar yang dipertimbangkan dengan matang. Sistem belajar di negara orang tentunya tidak akan sama dengan sistem di negara Kita. Bahkan negara dengan kualitas pendidikan setara ternyata memiliki metode pengajaran yang berbeda jauh. Semisal ingin belajar di bawah bimbingan dosen langsung sebaiknya memilih belajar di Amerika. Sistem mandiri juga ditemukan di negara lain, semisal di Inggris, sehingga penting menilik sistem pembelajaran yang diberlakukan ini.

Ketertarikan untuk melakukan pembelajaran di UK dan negara lain dengan kualitas pendidikan meyakinkan misalnya study in Canada dan negara lainnya. Memang sebaiknya cerdas dalam menentukan negara mana yang mendukung proses pembelajar yang sesuai dengan kepribadian Kita. Namun, belajar di negara orang harus lebih giat dalam belajar sebab tidak ada negara dengan sistem belajar yang santai. Semoga bermanfaat.