STEAMPUNK JAKARTA, MESIN CANGGIH HARGA FANTASTIS

01/17/2015 16:30

Para pecinta kopi jaman sekarang ini tidak hanya sekedar minum kopi untuk kesenangan semata, tetapi mereka pun mulai peduli untuk mencari tahu proses pembuatannya. Trish Rothgeb, pakar kopi mengatakan bahwa para pecinta kopi telah melalui tiga gelombang evolusi. Yang pertama adalah, mereka hanya sebatas sebagai peminum kopi. Kedua, mereka mulai menyukai kopi dengan berbagai campuran seperti cappuccino atau vanilla latte. Ketiga, mereka yang dulu hanya sebatas penikmat, sekarang mulai peduli dan menjadi penggemar sehingga apresiasi terhadap kopi menjadi sangat tinggi. Inilah yang kemudian memicu bermunculannya cafe atau resto yang menyediakan kopi berkualitas termasuk munculnya mesin-mesin canggih penyeduh kopi.

Salah satu mesin canggih yang sedang dibicarakan para pecinta kopi adalah steampunk. Yang pada dasarnya adalah pengembangan sistem seduh manual atau penggabungan beberapa metode seduh manual menjadi sistem seduh otomatis di dalam steampunk ini. Steampunk sendiri diproduksi oleh Alpha Domince dan dipasarkan ke seluruh dunia sebagai terobosan baru bagi mesin pembuat kopi. Sekarang steampunk hadir di Indonesia tepatnya di Jakarta dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta kopi. Steampunk Jakarta, hadir melalui Kaffeine Coffee House & Bar yang berlokasi di Foundry No. 8, kawasan SCBD Sudirman Jakarta Selatan sebagai satu-satunya cafe yang memiliki mesin steampunk sekaligus sebagai distributor perangkat ini di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, silahkan berkunjung ke website Kaffeine  (www.kaffeine.co.id). Mesin steampunk, seperti yang berada di Kaffeine memiliki 3 tipe yaitu steampunk MOD, steampunk 2.1 dan steampunk 4.1, harga masing-masing mesin berkisar antara Rp 100 jt – Rp. 200 jt. Harga yang fantastis tentu saja setara dengan kecanggihannya. Bagaimana tidak, alat canggih bernama steampunk ini pengoperasiannya menggunakan basis data yang terintegrasi langsung dengan smartphone android sehingga mampu menghasilkan berbagai karakteristik seduhan yang didapat melalui alat konvensional.  Steampunk dapat menghasilkan air panas dengan temperatur antara 600C - 1000C serta mengeluarkan air maksimal 475 ml per seduhan. Kesan canggihnya terlihat dengan penggunaan tablet Google Nexus 7 sebagai sistem pengontrol. Anda pun bisa membuat dan menyimpan resep kopi melalui tablet tersebut, kemudian sesuai dengan resep kopi yang diinginkan alat ini akan bekerja dengan pengaturan misalnya untuk satu cangkir kopi hitam dibutuhkan bubuk kopi dengan kehalusan tertentu. Steampunk juga menjaga temperatur kopi di dalam tabung sehingga aroma kopi tetap kuat dan tidak hilang. Tentu saja dengan adanya alat canggih ini, akan memudahkan kerja barista untuk dapat menyiapkan menu kopi terbaik dengan waktu yang lebih singkat.

Dalam era digital, alat elektronik diminati banyak orang untuk menggantikan alat konvensional non elektronik. Kecanggihan teknologi telah banyak membantu untuk meringankan pekerjaan yang dilakukan manusia, bahkan dalam pembuatan kopi yang bagi sebagian besar orang masih dianggap sebagai hal yang kurang begitu penting. Steampunk Indonesia telah hadir sebagai jawaban bagi para pecinta kopi di Indonesia untuk mendapatkan cita rasa kopi yang mewah sesuai selera, kemudahan dalam pembuatannya termasuk untuk mempersingkat waktu brewing. Meskipun bentuknya yang futuristik, bahkan terkesan seperti alat praktek di laboratorium, steampunk hadir dengan memberi sentuhan yang berbeda bagi dunia kopi di Indonesia. Dengan merangkum berbagai teknik seduhan dalam satu alat, steampunk menjadi perangkat yang diidamkan untuk dimiliki oleh banyak cafe atau resto yang menyediakan kopi sebagai menu andalannya.  Harga yang fantastis tidak lagi mencengangkan jika kita melihat langsung betapa canggihnya alat tersebut.